PEDOMAN

PENULISAN PROPOSAL

No. MP-UGM-LPPM-BD1-04

HIBAH JABATAN FUNGSIONAL KHUSUS

TAHUN ANGGARAN 2011

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Gadjah Mada

2011

HIBAH PENELITIAN JABATAN FUNGSIONAL KHUSUS

I.  PENDAHULUAN

Universitas Gadjah Mada dalam upaya mewujudkan cita-citanya menjadi universitas yang kuat di bidang penelitian memerlukan dukungan dan partisipasi dari seluruh civitas akademika. Terkait dengan upaya meningkatkan kemampuan seluruh civitas akademika untuk melakukan kegiatan penelitian, universitas telah menetapkan berbagai program peningkatan mutu dan pengelolaan penelitian terutama pemberian block grant penelitian yang bersifat kompetitif. Berbagai program tersebut diantaranya, pemberian research grant untuk penelitian jabatan fungsional khusus dengan sumber dana dari Dana Masyarakat  UGM.

Program ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi para pejabat fungsional khusus UGM untuk melakukan penelitian sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuninya. Walaupun dana yang diberikan relatif kecil namun dengan keterbatasan ini akan memicu para pejabat/peneliti lebih bersifat cermat dan teliti serta bekerja secara efektif dan efisien. Diharapkan pada akhirnya nanti mampu dilanjutkan dan dikembangkan dengan semangat inter dan multi-disipliner yang akan mampu menggaet dana lebih besar.

II.   MAKSUD DAN TUJUAN

Hibah Jabatan Fungsional Khusus ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi para pejabat fungsional khusus di UGM untuk secara terus menerus dan konsisten melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang kompetensinya dan dilaksanakan secara bertahap.

Hibah ini diprogramkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada pada Tahun Anggaran 2011 dengan dana bersumber dari Dana Masyarakat UGM ini bertujuan untuk:

  1. Mendorong dan memfasilitasi pengembangan potensi para pejabat fungsional khusus UGM yang konsisten dan kompeten di bidangnya;
  2. Meningkatkan atmosfer penelitian  di UGM sebagai basis dari proses pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Membangun kepercayaan diri bagi para pejabat fungsional khusus UGM untuk terus berkarya melalui kegiatan penelitian yang akan mendorong terciptanya budaya penelitian di Universitas Gadjah Mada.

III.  LUARAN

Luaran penelitian ini adalah Laporan akhir, Laporan Keuangan, Log Book dan

  1. Publikasi atau
  2. Rekomendasi untuk Fakultas/Pusat Studi/Lembaga

IV. WAKTU KEGIATAN

Program hibah Jabatan Fungsional Khusus dirancang untuk 3 (tiga) bulan, dimulai pada 28 April sampai dengan 28 Juli 2011.

NO. URAIAN KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
1. Pengajuan Proposal 14 Maret. s.d. 28 Maret 2011 3 (tiga) eks dengan warna sampul biru muda
2. Seleksi Proposal 1 s.d. 8 April 2011 (Desk Evaluation)
3. Pengumuman 16 s.d. 18 April 2011
4. Tanda Tangan Kontrak 23 s.d. 25 April 2011
5. Pencairan Dana Tahap I 28 s.d. 31 April 2011 Termin I (70%)
6. Pelaksanaan Penelitian 28 April s.d. 28 Juli 2011
7. Penyerahan Laporan Kemajuan 9 s.d. 13 Juni 2011 (3 eks)
8. Monitoring 16 Juni 2011 (Presentasi Kemajuan)
9 Penyerahan Laporan Akhir 21 s.d. 28 Juli 2011 (Laporan substansi dan keuangan dijilid terpisah) masing-masing rangkap 3
10. Evaluasi (Presentasi Hasil) 4 Agustus 2011
11. Pencairan Dana Tahap II 15 s.d. 19 Agustus 2011 Termin II (30%)
12. Audit Keuangan 18 s.d. 22 September 2011

V. SUSUNAN ORGANISASI/TIM PENELITIAN

Ketua                           : Jabatan fungsional Pustakawan

Pembimbing                : Dosen(Minimal Lektor Kepala/Doktor)/Pustakawan Utama

Anggota                       : Jabatan fungsional Pustakawan (maksimum dua anggota

peneliti)

VI. TATA CARA PENGAJUAN USULAN DAN SELEKSI

A. Kriteria usulan

  1. Ketua peneliti adalah pustakawan yang mempunyai jabatan fungsional dan dibimbing oleh seorang dosen dengan jabatan minimal Lektor Kepala/Doktor atau Pustakawan Utama
  2. Anggota peneliti adalah pustakawan fungsional atau pegawai perpustakaan dengan latar belakang pendidikan perpustakaan dan informasi.
  3. Pengusul tidak memiliki tanggungan laporan penelitian sebelumnya.
  4. Jumlah dana maksimum Rp 7.500.000,- (Tujuh juta lima ratus ribu rupiah) per proposal untuk periode 3 (tiga) bulan penelitian.
  5. Proposal ditulis mengikuti pedoman (lihat Lampiran) dalam bentuk hard copy sebanyak 3 (tiga) eksemplar diserahkan selambat-lambatnya tanggal 28 Maret 2011 pukul 14.00 WIB ke alamat berikut:

Bidang Peningkatan Mutu Penelitian

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Gadjah Mada

Gedung Pusat UGM Lantai 3 Sayap Selatan

Bulaksumur, Yogyakarta

Telp. 0274 – 552432, 520669, 548159, 1963

B. Mekanisme Seleksi

Mekanisme seleksi dilakukan 1 tahap, yaitu desk evaluation. Seleksi dimaksudkan untuk menjaring usulan penelitian yang memenuhi persyaratan dalam pengembangan mutu layanan perpustakaan.

Adapun seleksi proposal penelitian dilakukan berdasarkan kriteria dan skor seperti dalam Tabel berikut:

No. Kriteria Skor
1. a. Kejelasan signifikasi dan tujuan penelitian dalam menunjang pengembangan perpustakaan

b. Kesesuaian  usulan  dengan  roadmap      pengembangan    perpustakaan

30
2. Mutu usulan riset (kemutakhiran, inovasi, metode dan sistematika) 35
3. Kelayakan usulan riset (biaya, sumber daya peralatan, dan sumber daya manusia/track record tim peneliti) 25
4. Luaran yang akan dihasilkan 10
TOTAL 100

Nomer ID UGM/PUS/  /2011

a. Halaman Muka

b. Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN

USUL PENELITIAN HIBAH JABATAN FUNGSIONAL PUSTAKAWAN

TAHUN ANGGARAN 2011

1.   Judul Penelitian :

2.   Judul Penelitian                             :

3.    Pengusul

a.  Nama Lengkap                     :

b.  Jenis Kelamin                       :

c.  NIP                                        :

d.  Gol/Fungsional                      :                       :

f.   Fakultas/Pusat Studi/Lembaga        :

g.  Perguruan Tinggi                  : Universitas Gadjah Mada

h.  Bidang Ilmu                           : Informasi dan Perpustakaan

i.  Alamat Kantor                        :

j.  Telepon/Faks                      :

k.  Alamat Rumah                   :

l.  Telepon/Faks                      :

m.  E-mail                               :

n.   Hand Phone                      :

4. Pembimbing

a. Nama                                  :

b.Jenis Kelamin                      :

c. NIP/Golongan/Jabatan       :

d. Fakultas/Jurusan                :

d. Bidang Ilmu                         :

4. Jangka Waktu Penelitian             :  3 tiga) bulan

5. Lokasi Penelitian                          :

6. Pembiayaan                                 :  Maksimum Rp 7.500.000,00

(Tujuh juta lima ratus ribu rupiah)

Menyetujui,                                                                    Yogyakarta,                   2011

Pembimbing                                                                   Pengusul

Tanda Tangan                                                                Tanda Tangan

Nama Terang                                                                  Nama Terang

NIP                                                                                  NIP

Menyetujui,                                                                       Mengetahui,

Ketua Lembaga Penelitian  dan                                       Dekan Fakultas /Kepala Pusat Studi /

Pengabdian kepada Masyarakat UGM                           Lembaga/SV/SPS

Cap & Tanda Tangan                                                       Cap & Tanda Tangan

Prof. Dr. Danang Parikesit, M.Sc                                    Nama Terang

NIP. 19650603 199003 1 002                             NIP.

c. Sistematika Proposal Penelitian

Proposal Hibah Penelitian Jabatan Fungsional Pustakawan disusun dengan sistematika

sebagai berikut:

  1. Identitas dan Uraian Umum
  1. Judul Penelitian                             :    …………………………………………………………………………………………………………..
  2. Pengusul
    1. Nama lengkap                                    :     …………………………………………………………………………………………………………..
    2. NIP                                                      :     …………………………………………………………………………………………………………..
    3. Fakultas/Pusat Studi/Lembaga           : …………………………………………………………………………………………………………..
    4. Perguruan Tinggi        :     …………………………………………………………………………………………………………..
    5. Alamat Surat                              :     …………………………………………………………………………………………………………..

Telpon/Faks                                :     …………………………………………………………………………………………………………..

E-mail                                                   :     …………………………………………………………………………………………………………..

  1. Tim Peneliti
No. Nama /NIP Tugas dalam Penelitian Instansi Alokasi Waktu (jam/minggu)
1

2

  1. Obyek Penelitian (jenis material yang akan diteliti dan segi penelitian) :
  2. Masa Pelaksanaan (maksimum 3 bulan)
  • Mulai         : 28 April 2011
  • Berakhir    : 28 Juli 2011
  1. Usulan Biaya
  • Maksimum Rp 7.500.000,00 (Tujuh juta lima ratus ribu rupiah)
  1. Lokasi Penelitian :

  1. d. Substansi Proposal Penelitian

ABSTRAK PENELITIAN

Kemukakan tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Abstrak harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat serta terstruktur tentang rencana kegiatan yang diusulkan. Tidak melebihi 400 kata, diketik dengan jarak baris 1 spasi.

I. PENDAHULUAN

Latar Belakang, roadmap pengembangan perpustakaan, signifikansi, tujuan penelitian (tidak lebih dari 2 halaman).

II. STUDI PUSTAKA

Studi penelitian yang sudah dilaksanakan dan hasil yang sudah dicapai terkait dengan usulan penelitian (tidak melebihi 3 halaman).

III. METODE PENELITIAN (sesuai dengan keperluan)

Kemutakhiran, inovasi, metode dan sistematika, dilengkapi dengan bagan alir penelitian yang menggambarkan apa yang sudah dilaksanakan dan yang akan dikerjakan. Bagan penelitian harus dibuat secara utuh dengan penahapan yang jelas, mulai dari mana, bagaimana luarannya, dan indikator capaian yang terukur (tidak melebihi 3 halaman).

IV. LUARAN PENELITIAN

  1. Laporan Akhir
  2. Laporan Keuangan
  3. Publikasi atau Rekomendasi publik

V. JADWAL PENELITIAN

Program Hibah Penelitian untuk Jabatan Fungsional Pustakawan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan dari tanggal 28 April s.d. 28 Juli 2011. Pelaksanaan penelitian sesuai dengan matriks sebagai berikut:

Kegiatan Waktu Pelaksanaan Indikator Kinerja

VI. ORGANISASI TIM PENELITI (Nama, tugas dan tanggung jawab)

VII. PEMBIAYAAN

Pembiayaan diperinci berdasarkan Tahun dan Jenis Pengeluaran, yaitu Gaji dan Upah (maksimal 30%), Peralatan, Bahan Habis Pakai (Material Penelitian), Perjalanan, dan Lain-lain (Pemeliharaan, Pertemuan/Lokakarya/Seminar, penggandaan, pelaporan, publikasi).

DAFTAR PUSTAKA

Berisi pustaka yang diacu dalam narasi, ditulis berdasarkan kaidah penulisan ilmiah.

Contoh :

Buku

Smart, L., dan Moore, E., 2001. Solid state chemistry: An introduction. 2nd Edition, Nilson Thomas Ltd, United Kingdom.

Journal

Armunanto, R., Schwenk, C.F., Setiaji, A.H.B., dan Rode, B.M. 2003. Classical and QM/MM molecular dynamics simulations of Co2+ in water. Chem. Phys., 295, hal 63.

Proceeding

Darmawijaya, S. 2007. A real measure versus a vector measure.  In Proceeding of the 5th Seams-UGM International Conference on Matehamatic and Its Applications. Eds. Supama, I. Endrayanto, Kh. Mustofa, I.E. Wijayanti, H. Utami, pp. 249-256, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

LAMPIRAN:

1.Biodata Pengusul

2.Pernyataan Kesediaan sebagai Anggota Hibah Penelitian Jabatan Fungsional Khusus

  1. Justifikasi Anggaran

BIODATA  PENGUSUL HIBAH PENELITIAN

JABATAN FUNGSIONAL PUSTAKAWAN

LAMPIRAN 1.

I. IDENTITAS DIRI

1.1. Nama Lengkap (dengan gelar) L/P
1.2. Jabatan Fungsional
1.3. NIP
1.4. Tempat dan Tanggal Lahir
1.5. Alamat Rumah
1.6. Nomor Telepon/Fax Rumah
1.7. Nomor HP
1.8. Alamat Kantor
1.9. Nomor Telepon/Fax Kantor
1.10. Alamat e-mail

II. RIWAYAT PENDIDIKAN

2.1. Program: S1 S2
2.2. Nama PT
2.3. Bidang Ilmu
2.4. Tahun Masuk
2.5. Tahun Lulus
2.6. Judul Skripsi/ Tesis
2.7. Nama Pembimbing

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima resikonya.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi persyaratan sebagai salah satu syarat pengajuan hibah penelitian Jabatan Fungsional Khusus.

……………………………………….., 2011

Pengusul,

Nama lengkap

NIP

PERNYATAAN KESEDIAAN

LAMPIRAN 2.

SEBAGAI ANGGOTA PENELITI HIBAH

JABATAN FUNGSIONAL PUSTAKAWAN

Yang bertanda tangan di bawah ini,

  1. Nama Lengkap                  :
  2. Tempat/Tanggal Lahir        :
  3. NIP :
  4. Pangkat/Golongan             :
  5. Fakultas/Jur/Bag/Lab         :
  6. Pendidikan Terakhir           :
  7. Alamat Kantor *) :
  8. Alamat Rumah*) :
  9. Tugas dalam Penelitian      :

menyatakan bersedia melaksanakan tugas sebagai Peneliti selama ……… jam/minggu sesuai jadwal/program penelitian yang berjudul: ………………………………………………………………………………………..

Dibuat di          : ………………

Pada tanggal   : ………………… 2011

Mengetahui

Peneliti Utama,

Yang Membuat Pernyataan,

Ttd.

(Nama lengkap)

NIP

Ttd.

(Nama lengkap)

NIP

Menyetujui,

Dekan Fakultas/Kepala Pusat Studi/Ketua Lembaga

Ttd.

(Nama lengkap)

NIP

Keterangan : *) dilengkapi dengan nomor tlp, fax, hp dan email

JUSTIFIKASI ANGGARAN

LAMPIRAN 3.

Justifikasi anggaran berisi rincian biaya kegiatan (dalam ribuan) :

Rekapitulasi biaya yang diusulkan

No Uraian Jumlah (Rp)
1 Gaji dan Upah
2 Bahan Habis Pakai
3 Peralatan
4 Perjalanan
5 Lain-lain

1. Gaji dan Upah*

No Pelaksanaan kegiatan Jumlah Jumlah Jam/Minggu Honor/Jam Biaya (Rp)
1 Koord. Kegiatan/ Peneliti Utama
2 Pelaksanan/Peneliti
3 Teknisi
4 Administrasi
Jumlah

2. Bahan Habis Pakai

No Bahan Volume Biaya Satuan (Rp) Biaya (Rp)
1.
Jumlah Biaya

3. Peralatan

No Jenis Volume Biaya Satuan (Rp) Biaya (Rp)
1
Jumlah Biaya

4. Perjalanan**

No Tujuan Volume Biaya Satuan (Rp) Biaya (Rp)
1
Jumlah

5. Lain-lain

No Uraian Kegiatan Volume Biaya Satuan (Rp) Biaya (Rp)
1
Jumlah


* Gaji dan Upah Maksimum 30% dari dana yang disetujui

** Lihat lampiran keputusan SK Rektor Nomor 1/PII/SK/HT/2009, tentang Pedoman satuan biaya kegiatan-kegiatan  yang dilaksanakan di kantor pusat Universitas Gadjah Mada.

Leave a Reply

*


2 × five =

Current day month ye@r *