Form : 01

DATA POKOK PSMK 2011

NPSN                      : ……………………                 ID UN      : ……………………..              NSS         : …………………………………………….

Nama SMK              : ……………………………………………………………..                       Status : *) Negeri /  Swasta

No SK Pendirian      : ……………………………Tgl SK : ..…/……/……    Penandatangan SK :     *) Bupati / Walikota / Kanwil / Dinas Pend /

PBM                        :  *) Pagi / Siang / Pagi & Siang                                                                      Mendiknas/ Menhut / Mentan /  Menkes

Alamat                     : Jalan : …………………………………………………………………………………………………………..       Rt : …………RW : ……………

Desa : …………………………………………     Kecamatan : …………………………………………….        Kab/ Kota : ………………………………………………………  Provinsi      : …………………………………………………………….Kode Pos : …………………………

Telepon: ………………….           Fax :        ………………….          Website : …………………………….. Email :  ………………………………………………

Kepala Sekolah       : Nama : …………………………………………………        NIP.:        ……………………..      Hp……………………………………………….

Jumlah Guru            : Total …………..  (PNS Tetap: ………PNS Tidak Tetap: ………)    (Non PNS Tetap: ………, Non PNS Tidak Tetap : ………)

Rata-rata Nilai UN Th Pelajaran 2010/2011 :         Matematika : ……………Bhs Indonesia: …………..Bhs Inggris: ………..MP Produktif : ………..

Sertifikasi ISO :  *)  9001:2000 /  9001:2008 /  proses sertifikasi / belum  bersertifikat ;              tahun mendapat ISO …………………

*) Coret yang tidak perlu

DATA AKREDITASI DAN PENERAPAN KURIKULUM SMK

Kompetensi Keahlian Akreditasi Tahun

diakreditasi

KURIKULUM

YANG DIGUNAKAN

Tk.1 Tk.2 Tk.3 Tk.4

Keterangan : Akreditasi diisi dengan A, B, C, BLM (belum diakreditasi) ;        Kurikulum diisi dengan Kurikulum 1999, 2004, KTSP

DATA PSB DAN SISWA PER TINGKAT

Kompetensi Keahlian Pendaftaran Siswa Baru (PSB) SISWA
Pendaftar Diterima Rombel Tk.1 Rombel Tk. 2 Rombel Tk.3 Rombel Tk.4 Total Siswa
L P L P L P L P L P L P L+P
TOTAL

Keterangan : Rombel diisi dengan jumlah kelas per tingkat dan  setiap kompetensi keahlian sesuai spektrum 2008


NAMA SMK :

DATA SISWA MENGULANG DAN PUTUS SEKOLAH

Kompetensi Keahlian SISWA MENGULANG SISWA PUTUS SEKOLAH
Tk.1 Tk. 2 Tk. 3 Tk.4 Tk.1 Tk. 2 Tk. 3 Tk.4
L P L P L P L P L P L P L P L P
TOTAL

DATA SISWA MENURUT AGAMA DAN UMUR

Agama JUMLAH SISWA Umur JUMLAH SISWA
Tk. 1 Tk. 2 Tk. 3 Tk. 4 Tk. 1 Tk. 2 Tk. 3 Tk. 4
Islam ≤15
Protestan 16
Katolik 17
Hindu 18
Budha ≥19
Konghucu TOTAL
TOTAL

DATA EKONOMI ORANG TUA SISWA DAN ASAL SEKOLAH SISWA BARU

Ekonomi Orang Tua Siswa JUMLAH SISWA Sekolah Jumlah Siswa
Tk.1 Tk. 2 Tk.3 Tk.4 Asal Pendaftar Diterima Tk.1
Pra-sejahtera 1 (Miskin) SMP
Menengah & Sejahtera MTs
TOTAL Paket B
TOTAL

DATA PESERTA UJIAN DAN PENELUSURAN LULUSAN

Kompetensi Keahlian PESERTA UJIAN TP 2010/2011 PENELUSURAN LULUSAN TP 2009/2010
Bekerja Lanjut  ke PT Lainnya
Peserta UN lulus Bersertifikat Kompetensi Skor

TOEIC

> 400

DU/DI dan Instansi Pemerintah Wira usaha Masa tunggu untuk bekerja (tahun)
L P L P <1 thn >1 thn
TOTAL


NAMA SMK :

TENAGA KEPENDIDIKAN

No Tenaga Kependidikan Total Pegawai Status Kepegawaian Pendidikan Usia Jenis Kelamin Kebutuhan Pegawai
PNS NON PNS SLTA Dip S1/D4 S2 <35 35-50 >51 L P Ideal +/-
PT PTT PT PTT
1. Kepala tata usaha
2 Tenaga teknis keuangan
3 Tenaga perpustakaan
4 Tenaga laboratorium
5 Tenaga teknis praktek kejuruan
6. Pesuruh/ Penjaga sekolah
7. Tenaga administrasi lainnya
TOTAL

Keterangan : PT = Pegawai tetap;  PTT = Pegawai Tidak Tetap

PENDIDIK (GURU)

No Nama Mata Pelajaran Total Guru Status Kepegawaian Pendidikan lulus Sertifi kasi profesi Usia Jenis

Kelamin

Kebutuhan Guru
PNS Non PNS Dip S1/D4 S2 <35 35-51 ≥51 L P Ideal +/-
GT GTT GT GTT
1 Normatif
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Protestan
Pendidikan Agama Katolik
Pendidikan Agama Hindu
Pendidikan Agama Budha
Pendidikan Agama Konghuchu
Bahasa Indonesia
Pendidikan Kewarganegaraan & Sejarah
Pendidikan Jasmani & Olah Raga
Seni & Budaya
BP/ BK
Muatan Lokal
2 Adaptif
Matematika
Bahasa Inggris
KKPI
IPA
IPS
Kewirausahaan
Fisika
Kimia
Biologi
Ekonomi
Pelayanan Prima
Bahasa asing …….
3 Produktif
TOTAL

Keterangan : Untuk Mata Pelajaran Produktif diisi Jumlah Guru Produktif per Kompetensi Keahlian sesuai spektrum 2008 dan bukan sub kompetensi.

Contoh : Akuntansi, Teknik Kendaraan Ringan ; GT = Guru Tetap;  GTT = Guru Tidak Tetap

NAMA SMK :

PRASARANA SMK

No Nama Ruang/Area Kerja Kondisi Saat  Ini Kebutuhan Ruang
Jumlah Ruang Luas

Rata-rata (m2)

Total Luas

(m2)

Jumlah

Baik

Jumlah

Rusak Sedang

Jumlah

Rusak Berat

Jumlah ruang Luas (m2) Total Luas (m2)
A Ruang Pembelajaran Umum
1. Ruang Kelas
2. Ruang Lab. Fisika
3. Ruang Lab. Kimia
4. Ruang Lab. Biologi
5. Ruang Lab. Bahasa
6. Ruang Lab. Komputer
7. Ruang Lab. Multimedia
8. Ruang Praktek Gambar Teknik
9. Ruang Perpustakaan Konvensional
10. Ruang Perpustakaan Multimedia
B Ruang Khusus (Praktik)
1. Ruang Praktek/Bengkel/Workshop
R. Praktek….
R. Praktek….
R. Praktek….
R. Praktek….
R. Praktek….
R. Praktek….
R. Praktek….
C Ruang Penunjang
1. Ruang Kepala Sekolah & Wakil
2. Ruang Guru
3. Ruang Pelayanan Administrasi (TU)
4. BP/BK
5. Ruang OSIS
6. Ruang Pramuka,
7. Koperasi,
8. UKS,
9. Ruang Ibadah
10. Ruang Bersama (Aula)
11. Ruang Kantin Sekolah
12. Ruang Toilet
13. Ruang Gudang
14. Ruang Penjaga Sekolah
15. Ruang Unit Produksi
16. Asrama Siswa

STATUS LAHAN SMK

No Jenis Lahan Luas ( M2 ) Status Kepemilikan Lahan Keterangan Lahan
Pemerintah / Yayasan Lainnya (sebutkan)
1 Luas Lahan Bangunan
2 Luas Lahan Tanpa Bangunan
  1. Taman
  1. Lapangan Olah Raga
  1. Lahan praktek
  1. Lain-lain
3 Total Luas Lahan Seluruhnya


NAMA SMK :

INFRASTRUKTUR SMK

Sumber Listrik Daya Listrik Voltase Phase Biaya Per Bulan
*) PLN /  Genset Diesel /  Tenaga Surya / PLN & Diesel / Sumber lainnya/ Tidak Ada Listrik *) <900 Watt  / 900 -2.200 Watt / 2.200-5000 Watt / 5000-15.000 Watt / >15.000 Watt *)220volt/ 110 volt *) 2 Phase/ 3 Phase …………………………..

*) Coret yang tidak perlu

Akses Internet Provider Bandwidth (Mbps) Biaya Per Bulan
*) VSAT / Listline / Wireline (Modem Mobile) / lainnya / tidak ada akses *) Jardiknas / Telkom / Indosat / Telkomsel / Excelcomindo / Smart / Provider Lainnya ……………………………. …………………………….

*) Coret yang tidak perlu

Sumber Air Bersih Ketersediaan Biaya Per Bulan
*) PDAM / Sumur Bor / Sumur gali / Mata air / Air tadah hujan / Air permukaan / lainnya *) Memadai / tidak memadai …………………………….

*) Coret yang tidak perlu

PERABOT RUANG PEMBELAJARAN & BUKU TEKS PENUNJANG UJIAN NASIONAL DI PERPUSTAKAAN

No Jenis Perabot Jumlah

Yang ada

Jumlah Kebutuh-an Jumlah

Ke-

kurangan

No Mata Pelajaran Jumlah Judul Jumlah Eksemplar

yang ada

Jumlah Kebutuhan Jumlah Ke kurangan
1 Meja Siswa 1. Metematika
2 Kursi Siswa 2. Bahasa Inggris
3 Lemari 3. Bahasa Indonesia
4 Papan Tulis 4. Produktif ………
5 Meja Guru Produktif ………
6. Kursi Guru Produktif ………
7. Rak Buku perpustakaan Produktif ………
8. Lemari alat & bahan Produktif ………
9. Meja Persiapan Produktif ………
10. Meja Kerja Produktif ………
11. Kursi Kerja Produktif ………

PENERIMA BEASISWA SMK

No Jenis Beasiswa Jumlah Penerima Beasiswa Sumber Beasiswa

Pusat/ Prov/ kab/ kota/ Swasta

Dana/ bulan/ siswa (Ribuan Rp.) Jumlah dana seluruhnya (dlm ribuan Rp.)
L P
1. Beasiswa Siswa Miskin Jenjang Pendidikan Menengah (SMK) /

Bantuan khusus murid (BKM)

2. Beasiswa Prestasi
3. Beasiswa Program keahlian khusus
4. Supersemar
5. Lainnya
TOTAL

BANTUAN YANG PERNAH DITERIMA SMK 2 TAHUN TERAKHIR

No Nama Bantuan Tahun Nilai Dana Bantuan Sumber Dana Bantuan dari Pemerintah

(Pusat/Propinsi/Kab/Kota)

Nilai Dana Pendamping Sumber Dana Pendamping

(Propinsi/kab/kota/ Komite/Yayasan)

1.
2.
3.
4.
5.
TOTAL


NAMA SMK :

SARANA PRAKTEK PENUNJANG PEMBELAJARAN

No Nama Alat Praktek Kondisi Saat  Ini Kebutuhan Alat
Jumlah Alat Jumlah

Baik /

Berfungsi

Jumlah

Rusak Ringan/ Tidak Berfungsi

Jumlah

Rusak Berat /

Tidak Berfungsi

Jumlah Alat +/-
A Alat Praktek Umum 5 3 1 2 8 8-3= 5
Ruang Lab. Komputer
1. Komputer Laptop
2. Komputer PC
3. Komputer Server
4. Router
5. Switch Hub
6. Access Point
7. LCD
8. Printer
9.
10.
B Alat Praktek Kejuruan Utama

(standar minimal peralatan kejuruan)

Ruang Praktek …………..
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Ruang Praktek …………..
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
Ruang Praktek …………..
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

Alat praktek kejuruan utama yaitu alat yang digunakan untuk menunjang pencapaian kompetensi minimal pada masing-masing kompetensi keahlian (diprioritaskan alat permesinan mekanik, power tools, teknologi informasi komunikasi, multimedia dan alat non handtools).


NAMA SMK :

KERJASAMA DENGAN DU / DI

No Nama DU/DI  & bidang usaha Alamat Lokasi (DN/LN) Tahun

MOU

No. MOU Masa berlaku Bentuk Kerjasama Kompetensi Keahlian terkait
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

PEMBELAJARAN

Penerapan Pembelajaran berbasis TIK / e-pembelajaran bagi siswa SMK (Proses belajar  mengajar dan materi pelajaran disampaikan dengan menggunakan perangkat TIK)

–          Sudah dilakukan menggunakan: *) modul Interaktif / power point / LCD / Jaringan LAN / Internet / Video on Demand / Penugasan lewat email / Ujian online, untuk  sebanyak …….. mata pelajaran

–          Belum dilakukan

Penerapan Pembelajaran Kewirausahaan bagi siswa SMK

Sudah dilakukan dengan menerapkan: *)  Teaching industri / unit produksi / modal bergulir / grosir / retail / door to door

Belum dilakukan

Penerapan Pembelajaran membangun karakter bangsa

Sudah dilakukan dengan menyelenggarakan co/ ekstra kurikuler: *)  OSIS / pramuka / paskibra / PMR/ pencinta alam/ olah raga

Belum dilakukan

Keterangan :    Beri Cek list,         *) Coret yang tidak perlu         ……. Diisi angka
……..,  …………………………… 2011

Kepala Sekolah

SMK………………………………..

Ttd

…………………………………………….

NIP.  ……………………………………………..

PETUNJUK PENGISIAN

FORMAT DATA POKOK PEMBINAAN SMK (PSMK) TAHUN 2011

Petunjuk Umum

  1. Format Data Pokok PSMK  ini wajib diisi oleh SMK Negeri dan Swasta
  2. Obyektivitas hasil isian format data pokok ini merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah, oleh karena itu sebelum menandatangani dan membubuhkan cap/stempel sekolah, Kepala Sekolah harus memeriksa kebenaran isinya.
  3. Apabila format data pokok ini telah diisi dan telah ditandatangani Kepala Sekolah dan dibubuhi cap/stempel sekolah, maka Kepala SMK:
    1. mengirimkan ke dinas pendidikan provinsi seksi yang menangani SMK sebagai persyaratan untuk menerima bantuan BOMM (2 rangkap : 1 untuk administrasi BOMM dan 1 untuk tim pendataan SMK tingkat provinsi)
    2. menyimpan sebagai arsip di sekolah
    3. setelah PSB tahun pelajaran 2011/2012, masing-masing SMK meng-update data pokok dan hasilnya dikirimkan ke Pusat TIK SMK setempat yang telah ditetapkan, selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2011 untuk diolah menjadi data SMK tingkat kabupaten/kota yang akan disahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/kota.

Petunjuk Khusus

  1. Data Identitas SMK  :
  • NPSN                      : Nomor Pokok Sekolah Nasional dapat diperoleh di alamat website

www.npsn.diknas.go.id

  • ID UN                      : Nomor ID Sekolah yang digunakan untuk Pelaksanaan UN
  • NSS                         : identitas sekolah. bagi SMK Negeri maupun Swasta yang belum

memiliki NSS untuk sementara supaya dikosongkan

  • Nama SMK             : Nama Sekolah harus sesuai dengan SK Pendirian Sekolah dan dapat disesuaikan jika ada

perubahan  Nomenklatur/ penamaan

  • Status                     : coret yang tidak perlu
  • No SK Pendirian   : Cukup jelas
  • Penandatangan SK               : Cukup jelas
  • PBM                        : coret yang tidak perlu
  • Alamat                    : Cukup jelas
  • Desa/ Kelurahan  : Cukup jelas
  • Kecamatan            : Cukup jelas
  • Kabupaten             : Cukup jelas
  • Provinsi                  : Cukup jelas
  • Kode Pos               : Cukup jelas
  • Telp                        : Isikan terlebih dahulu kode wilayah lalu nomor telepon sekolah contoh : 021-7655374
  • Fax                          : Isikan terlebih dahulu kode wilayah lalu nomor fax sekolah contoh : 021-7655374
  • Website                : Cukup jelas
  • Email                       : Cukup jelas
  • Kepsek                   : Cukup jelas
  • Sertifikat ISO         : coret yang tidak perlu, dan isikan tahun mendapatkan ISO
  1. Data Kompetensi Keahlian                 : diisikan kompetensi keahlian yang dibuka sekolah sesuai Spektrum 2008, yang masih menggunakan Spektrum 1999 & 2004 agar dikonversi ke Spektrum 2008 sesuai Keputusan Dirjen Mandikdasmen Nomor : 251/C/KEP/MN/2008 tentang Spektrum keahlian kejuruan.
  2. Akreditasi per kompetensi keahlian  : diisikan akreditasi yang terbaru yaitu A/B/C/TT/ Belum dan isikan keterangan tahun mendapatkan akreditasi
  3. Data Kurikulum pertingkat                 : Isikan kurikulum yang diterapkan di sekolah untuk setiap kompetensi keahlian (1999/ 2004/ KTSP)
  4. Data PSB (Pendaftar dan diterima)   : Cukup jelas
  5. Siswa SMK per Tingkat        : Cukup jelas
  6. Data Rombel per tingkat     : Cukup jelas
  7. Data Siswa Mengulang dan Putus Sekolah per tingkat : Cukup jelas
  8. Data Siswa Menurut agama pertingkat             : Cukup jelas
  9. Data Siswa Menurut Umur pertingkat              : Cukup jelas
  10. Data Ekonomi Orang Tua Siswa pertingkat      : yang tergolong orang tua siswa prasejahtera 1 (miskin) apabila orang tua siswa tersebut tidak mampu membayar SPP putranya atau sering menunggak SPP dibuktikan dengan Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat
  11. Data Asal Sekolah Siswa Baru             : Cukup jelas
  12. Data Peserta Ujian                :  Sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP (lulus ujian produktif);
  13. Rata-rata hasil ujian nasional              : diisi perolehan nilai rata-rata sekolah per mata ujian nasional
  14. Data Penelusuran Lulusan                 :  Data lulusan diisikan berdasarkan hasil penelusuran terhadap lulusan SMK tahun pelajaran  sebelumnya
  15. Data Tenaga Kependidikan                 : Cukup jelas
  16. Data Pendidik per mata pelajaran Normatif, Adaptif, Produktif : diisikan jumlah guru yang  bertugas utama mengajar setiap mata pelajaran.  Kebutuhan guru diisikan guru yang diperlukan untuk mata pelajaran, bukan kekurangan guru mata pelajaran. Guru Tetap (GT) yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran hanya dimasukkan dalam satu mata pelajaran utama yang diajarkan (jam mengajar paling banyak). Untuk Mata Pelajaran Produktif diisi Jumlah Guru Produktif per Kompetensi Keahlian sesuai spektrum 2008 dan bukan sub kompetensi.

Agar dapat memberikan info kondisi guru yang sebenarnya di SMK anda khususnya guru produktif yang selama ini dirasakan terjadi kekurangan di banyak SMK, maka untuk contoh kasus : seorang guru matematika yang juga mengajar  teknik komputer jaringan (TKJ), maka untuk pelajaran matematika diisikan 1 orang guru, sedangkan guru TKJ diisikan kosong dan kebutuhan ideal diisikan 1 orang guru TKJ sehingga kekurangan guru TKJ terisi 1 orang.

  1. Total Pendidik (Guru ) keseluruhan terlepas dari matapelajaran (total tenaga pendidik PNS+NON = Tetap+tidak tetap):  untuk mengetahui  jumlah keseluruhan guru yang ada di SMK tersebut  dan untuk meminimalkan perhitungan ganda.
  2. Data Prasarana     : Diisi dengan jumlah ruang, luas rata-rata dan luas seluruhnya, misalnya jumlah ruang teori/kelas sebanyak 5 dan rata-rata luas ruangan 56 m2, maka luas keseluruhan ruang teori/kelas adalah 5 x 56 m2 = 280 m2. Untuk kebutuhan diisikan jumlah kebutuhan ideal bukan kekurangan ruang.  Kondisi setiap Prasarana dikatakan Rusak Ringan (RR) apabila tingkat kerusahan < 30% dan kerusakan pada komponen non struktural seperti atap, langit-langit, penutup lantai dan dinding pengisi ; Rusak Sedang (RS) apabila tingkat kerusakan mencapai 30%-45% dan kerusakan pada sebagian komponen non struktural dan atau komponen struktural; Rusak Berat (RB) bila tingkat kerusakan mencapai 46%-65% dan kerusakan pada sebagian besar komponen bangunan, baik struktural maupun non struktural yang apabila setelah diperbaiki masih dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.
  3. Status Lahan          : keterangan lahan diisikan dengan keterangan kepemilikan seperti sewa, belum bersertifikat, tanah adat, dll
  4. Infrastruktur SMK   Sumber Listrik, Akses Internet, Sumber air bersih      :  Cukup jelas
  5. Perabot                  :  diisikan jumlah perabot yang ada dari seluruh ruang pembelajaran dan jumlah kebutuhan ideal standar pemenuhan perabot SMK guna diketahui persentase pemenuhan perabot
  6. Buku Teks Penunjang Ujian Nasional di Perpustakaan                  : diisikan jumlah judul dan eksemplar buku teks di Perpustakaan yang menunjang Persiapan Ujian Nasional serta jumlah kebutuhan ideal sesuai standar pemenuhan buku pelajaran di perpustakaan (1 eksemplar/peserta mata pelajaran bersangkutan, ditambah 4 eksemplar/mata pelajaran/sekolah).
  7. Sarana Praktek Penunjang Pembelajaran        : diisikan ketersediaan sebagian peralatan pembelajaran umum yang digunakan di Ruang Pembelajaran, dan Alat praktek kejuruan utama  yang digunakan untuk menunjang pencapaian kompetensi minimal pada masing-masing kompetensi keahlian (diprioritaskan alat permesinan mekanik, power tools, teknologi informasi komunikasi, multimedia dan alat non handtools).
  8. Beasiswa SMK       : Cukup jelas
  9. Bantuan yang Pernah diterima  SMK 2 tahun terakhir :Bantuan dari dana APBD Provinsi/kabupaten/kota, harus mengetahui  katagori APBD peningkatan Akses atau APBD peningkatan mutu atau APBD penguatan tata kelola
  10. Kerjasama dengan DU/ DI                   : Cukup jelas
  11. Data Penerapan Pembelajaran berbasis TIK                   : Cukup jelas
  12. Data Penerapan Pembelajaran Kewirausahaan              : Cukup jelas
  13. Data Penerapan Pembelajaran membangun karakter bangsa                     : Cukup jelas

Leave a Reply


× 5 = twenty five